Cara Mengambil Screenshot Website Satu Halaman Penuh

Awesome Screenshot

Seperti kita tahu langkah untuk mengcapture halaman website sangatlah mudah. Tinggal menggunakan tombol print screen pada keyboard dan kemudian mem-paste kannya pada program pengolah gambar yang ada pada windows. Atau bisa menggunakan software Screenshoot seperti ‘Snipping Tool’.

Cara itu memang yang secara umum banyak digunakan, namun dengan cara mengambil screenshot website tersebut, hasil yang nampak terbatas pada bagian yang terlihat saja. Atau dengan kata lain, anda tidak bisa mengambil screenshot bagian halaman website dari atas sampai pada dasar halaman.

Untuk mengambil screenshot dari sebuah halaman website dalam satu halaman penuh, kita memerlukan sebuah addons atau extension browser bernama Awesome Screenshot. Awesome Screenshot adalah tool pendukung browser yang biasa digunakan untuk meng-capture halaman website baik itu sebagian halaman maupun satu halaman penuh.

Awesome Screenshot tersedia untuk beberapa browser besar seperti google chrome dan firefox. Untuk panduan lebih lengkapnya tentang cara mengambil screenshot website, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Download dan install addons atau extension untuk browser melalui link berikut : chrome atau firefox

2. Jika sudah terinstall, akan ada logo awesome screenshot berbentu lensa kamera di pojok kanan atas browser anda (kotak merah pada gambar). Pada contoh kali ini saya menggunakan chrome.

icon awesome screenshot

3. Buka halaman website yang ingin anda ambil screenshotnya, dan setelah halaman website terbuka klik pada icon awesome screenshot yang terletak di pojok kanan atas halaman.

icon awesome screenshot

4. Pilih mode pengambilan layar yang akan kamu ambil, apakah anda hanya akan mengambil bagian halaman website yang terlihat atau keseluruhan halaman. Anda juga bisa menggunakan shortcut yang disediakan oleh awesome screenshot yaitu Capture visible part of page (CTRL + SHIFT + V) untuk mengambil bagian halaman website yang terlihat, Capture selected area (CTRL + SHIFT + S) untuk mengambil bagian website yang kamu inginkan, Capture entire page (CTRL + SHIFT + E) untuk mengambil gambar keseluruhan halaman, Delayed capture untuk pengambilan gambar berwaktu, Capture dekstop untuk screenshoot semua software yang aktif, Select a local image untuk memasukkan gambar lokal yang ada dikomputer. Karena mau mengambil keseluruhan halaman website pilih dan klik Capture entire page (CTRL + SHIFT + E).

5. Setelah mode pengambilan gambar di-klik, maka hasil “tangkapan” akan terbuka di tab baru. Sebagai contoh saya akan mengambil gambar halaman depan http://fastestmagzv5lollipop.blogspot.com dengan mode pengambilan gambar seluruh halaman. Hasilnya tampak pada gambar dibawah ini :

tombol Done

Halaman tersebut adalah halaman dengan simple editing disertai dengan tombol Done. Anda bisa mengeditnya dulu disitu, Klik Done untuk menuju pilihan penyimpanan.

7. Setelah klik “DONE” maka tampil seperti gambar dibawah. Silahkan klik ‘Save’ untuk menyimpannya,’Print’ untuk menge-print hasil screenshoot. Kamu juga bisa menyimpan hasil screenshoot secara online ke Diggo, Google Drive, dan Imgur.

Save screenshoot

8. Resolusi dan size dari gambar yang dihasilkan cukup besar. Gambar yang saya ambil memiliki ukuran 843kb dengan resolusi 1005 x 2265 pixels. Berikut ini adalah tampilan halaman depan http://fastestmagzv5lollipop.blogspot.com setelah di-capture menggunakan awesome screenshot :

Full screen

Perlu dicatat, resolusi gambar yang di-capture oleh awesome screenshot adalah resolusi asli dan ukurannya cukup besar. Jadi sebaiknya anda cek terlebih dahulu ukuran gambar sebelum anda menggunakannya. Untuk proses penangkapan gambar juga tidak berlangsung sekejap, tapi harus menunggu beberapa detik (jika yang diambil keseluruhan halaman). Sekian untuk artikel kali ini, dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Top Search Engine Direktory, 77 Daftar Situs Social Bookmarking, dan 23 Social Networking Populer New Update 2017

Cara Melihat Tampilan Blog di Beberapa Tampilan Device